Wujud Peduli Anak, Pemkab Sinjai Peringati HAN 2024

0

SINJAI,- Pemerintah Kab. Sinjai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Ke-40 Tingkat Kab. Sinjai Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Lama pada hari Selasa (23/07/2024).

Dikemas dalam sebuah kegiatan bertajuk “Ramai-ramai Cegah Perkawinan Anak, Kekerasan terhadap Anak, dan Stunting” (REKREASI), Puncak Peringatan HAN Kab. Sinjai juga dilangsungkan secara serentak pada Kab/Kota dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Kepala DP3AP2KB  sekaligus  Ketua Panitia penyelenggara Peringatan HAN Kab. Sinjai, Janwar Rauf menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan “REKREASI”  bertujuan  memberikan  edukasi kepada masyarakat tentang bahaya perkawinan usia anak, kekerasan terhadap anak, dan stunting dengan cara yang menghibur dan santai.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Sinjai, TR. Fahsul Falah yang hadir didampingi Pj. Ketua TP-PKK Kab. Sinjai, Cut Resmiati mengharapkan agar momentum Peringatan Hari Anak Nasional menjadi wadah untuk menunjukkan kepedulian dan apresiasi terhadap anak-anak di Kab. Sinjai.

“Wujud kepedulian ini dapat ditunjukkan dengan memberikan ruang bagi anak untuk menumbuhkan minat dan pengetahuan. Maka dari itu, Peringatan Hari Anak Nasional seyogyanya senantiasa berlangsung secara meriah agar menjadi motivasi dan memancing antusiasme anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif demi apresiasi, pemenuhan hak anak, bentuk-bentuk perlindungan khusus anak, demi mewujudkan Anak Terlindungi, Indonesia Maju sesuai tujuan kita bersama.” Ungkap Pj. Bupati.

Puncak Peringatan HAN Kab. Sinjai sekaligus menjadi momentum untuk pencanangan PIN POLIO, Deklarasi Anti Kekerasan terhadap Anak, serta kampanye pencegahan perkawinan anak dan kekerasan terhadap anak.

Selain itu, adapun beberapa persembahan yang menjadi rangkaian acara dalam Puncak Peringatan HAN Kab. Sinjai,  yakni; dongeng dan Senam Literasi, penampilan tarian dari anak-anak disabilitas binaan LKS AL-Hidayah Sinjai, lomba sepeda lambat, lomba enggrang, lomba mewarnai tingkat KB dan TK, serta bazar oleh Forum Anak Masseddi Sinjai, UPPKA, dan beberapa UMKM. Acara turut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, Jajaran Pemerintah Kab. Sinjai, Para Kepala Sekolah, serta pendamping dan organisasi terkait.

Seluruh rangkaian acara terlaksana dengan kolaborasi lintas sektor yaitu Forum Anak, DP3AP2KB, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, serta media Sinjai Info, serta dukungan sarana prasarana dari BPBD, Dinsos, dan Bappeda Kabupaten Sinjai.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)