Pj. Ketua TP-PKK Buka Pelatihan Kerajinan Ecoprint

0
SINJAI,- Pj. Ketua TP-PKK Kab. Sinjai, Cut Resmiati membuka secara resmi Pelatihan Kerajinan Ecoprint Tahun 2024 yang diikuti oleh Kader PKK Kabupaten, Kecamatan, serta Desa/Kelurahan di Kab. Sinjai . Bertempat di Aula Kantor PKK Kab. Sinjai, Rabu (31/07/2024), kegiatan ini turut menghadirkan Pemateri sekaligus mentor Pelatihan yang merupakan Dosen Luar Biasa dan Mahasiswi tingkat akhir jurusan Tata Busana dari Universitas Negeri Makassar.

Para kader peserta pelatihan masing-masing membawa bahan pangan dan tumbuhan yang akan dijadikan motif dalam pembuatan ecoprint.
Hal tersebut sesuai dengan arahan Cut Resmiati yang dalam sambutannya menginginkan pemanfaatan bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

“Ecoprint merupakan salah satu kerajinan yang murah karena bahan dan alatnya banyak terdapat di sekitar kita. Meskipun proses pembuatannya memakan waktu yang agak lama, akan tetapi semua bahan yang digunakan bersifat ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan penumpukan sampah atau limbah yang berdampak pada pencemaran alam dan lingkungan.” Ungkapnya.

Cut Resmiati berharap agar para peserta kader membagikan dan meneruskan kembali ilmu kerajinan ecoprint yang didapatkan selama pelatihan kepada masyarakat di Kecamatan dan Desa/Kelurahannya masing-masing. Kerajinan dengan bahan dasar berupa daun, bunga, dan ranting dianggap memiliki nilai lebih untuk menjadi sasaran minat sehingga mampu menjadi lahan produksi masyarakat terutama bagi Ibu Rumah Tangga.

“Selain meningkatkan daya kreativitas, hasil kerajinan ecoprint dapat dipasarkan sebagai bentuk produk UMKM di Kab. Siniai. Tentunya ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sektor perekonomian masyarakat di Kab. Sinjai.”
Jelas Ketua TP-PKK Sinjai.

Selama pelatihan, Ketua TP-PKK juga mendampingi kader dalam setiap proses yang diajarkan. Mulai dari tahap pencetakan hingga pengeringan. Pelatihan juga berjalan secara daring sehingga bisa diikuti oleh kader PKK lainnya melalui zoom meeting.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)