Pj. Bupati Sinjai Hadiri Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana

0

SINJAI,- Pj. Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah menghadiri Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Sinjai Tahun 2024 di Alun-alun Sinjai Bersatu pada Sabtu (06/07).

Mengawali sambutannya T.R. Fahsul Falah mengucapkan selamat datang kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI Dr. Robben Rico, A.Md, LLAJ, SH, ST, M.Si, dan apresiasi setinggi-tingginya serta ucapan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial yg terkhusus kepada  Bapak Sekjen Kementerian Sosial  atas kepercayaannya menempatkan penyelenggaraan Kampung Siaga Bencana di Kabupaten Sinjai.

Pada tahun 2024 Pemerintah mencanangkan KSB di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sinjai Borong dan Kecamatan Sinjai Selatan.

“Pembentukan KSB di dua kecamatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang bencana alam, meningkatkan kemampuan masyarkat dalam melakukan evakuasi diri, serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar pihak dalam penanggulangan bencana.” Katanya.

Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Malik Faisal, S.H., M.Adm.Pemb yang juga hadir mewakili Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi yang memiliki potensi bencana yang sangat tinggi.

“Kita ketahui bersama bahwa Sulawesi Selatan masuk dalam daftar provinsi dengan potensi bencana yang sangat tinggi, dan Kabupaten Sinjai berada di urutan ke empat di Sulawesi Selatan, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus, dan kehadiran program Kampung Siaga Bencana ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah dalam mempersiapkan diri menghadapi setiap ancaman bencana.” Katanya. 

Pencanangan Kampung Siaga Bencana Kec. Sinjai Selatan dan Kec. Sinjai Borong  ditandai dengan Pemukulan Kentongan bersama. Dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Kemensos RI dalam rangka kesiapan dan mitigasi penanganan korban bencana alam berupa lumbung sosial KSB Sinjai Selatan dan Sinjai Borong, senilai Rp. 1.735.679.550,- yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI Dr. Robben Rico kepada Pj. Bupati Sinjai.

Acara ini turut dihadiri oleh Forkopimda Kab. Sinjai,  Pj. Ketua TP-PKK Sinjai, Staf Ahli dan Asisten Kab. Sinjai, Kepala Dinas Sosial dari beberapa Kabupaten di  Provinsi Sulawesi Selatan, dan Sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Sinjai.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)