Ikuti Parade HUT ke-44 Dekranas di Solo, Cut Resmiati Perkenalkan Sejarah dan Kearifan Lokal Kabupaten Sinjai

0
Pj. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, menyaksikan parade mobil hias, kriya, dan budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Parade resmi dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan mengangkat bendera berlogo Dekranas, didampingi Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf.

Berlangsung di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu sore (15/05/2024), parade ini menampilkan sebanyak 102 kendaraan hias dari 38 daerah, dengan total defile sepanjang 2,3 kilometer dan diikuti sekitar 2.000 peserta.

Setiap peserta parade menampilkan berbagai kesenian daerah, mulai dari tarian tradisional, musik, hingga pakaian adat khas masing-masing daerah.

Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, menjelaskan bahwa dalam parade ini Kabupaten Sinjai berpartisipasi dengan mengikuti lomba mobil hias yang menampilkan Rumah Adat Karampuang dan Perjanjian Topekkong serta karnaval dengan tema Kuda Putih.

"Kami ingin menyampaikan pesan tentang sejarah dan kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Sinjai. Parade ini adalah kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Sinjai kepada masyarakat luas," paparnya.
Melalui parade ini, Cut Resmiati berharap Kabupaten Sinjai semakin dikenal hingga ke kancah nasional dan dapat semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Panrita Kitta.

Untuk diketahui, parade mobil hias, kriya, dan budaya HUT Dekranas ke-44 tersebut juga mendapatkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai parade terpanjang dan terbanyak di Indonesia.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)