SINJAI,- Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, A. Irwansyahrani Yusuf dan Asisten Administrasi Umum, Andi Ariany Djalil, hadir dalam pertemuan persiapan evaluasi SAKIP 2025 dan sosialisasi e-AKIP Sinjai di Gedung Command Center, Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Jumat (17/10/2025).
Pertemuan yang digelar oleh Bagian Organisasi Setdakab. Sinjai ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan perangkat daerah dalam mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan menggunakan aplikasi e-AKIP serta untuk memantapkan persiapan menghadapi evaluasi SAKIP 2025 oleh Kemenpan RB, yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2025 melalui zoom.
Evaluasi Sakip 2025 ini dilaksanakan setelah Kabupaten Sinjai melewati 2 tahapan evaluasi melalui portal Sakip RB dan ZI Kemenpan RB. Adapun OPD yang akan dievaluasi yakni dinas pendidikan, dinas sosial, dinas PUPR, dinas perkimtan, dinas koperasi dan UMKM tenaga kerja, dinas kesehatan serta dinas perdagangan perindustrian dan ESDM.
Melalui pertemuan ini, Andi Jefrianto Asapa berharap kepada 7 OPD tersebut agar menyiapkan bahan paparan dan menyiapkan diri untuk menghadapi evaluasi SAKIP 2025.
"Saya sangat mengharapkan agar para kepala OPD menyiapkan bahan paparan dan menyiapkan diri terutama penguasaan tentang semua pelaksanaan capaian program pohon kinerja cascading crosscutting dan jangan lupa jumlah program dan kegiatan yang ada di OPD masing-masing karena pada saat dievaluasi hal ini yang biasanya terlupakan dan bahkan rencana capaian renstra juga harus diperhatikan," harapnya.
Lebih lanjut, Andi Jefrianto juga berharap agar para kepala OPD mengakses informasi dan evaluasi capaiannya masing-masing di portal e-AKIP Sinjai, karena akan dilakukan evaluasi internal oleh Bupati/Wakil Bupati Sinjai.
Adapun dalam sosialisasi e-AKIP ini, dipaparkan terkait fitur utama aplikasi yang telah diperbarui diantaranya dasbor khusus, dimana pimpinan kini dapat mengakses dasbor sehingga dapat memberikan pandangan menyeluruh terkait kinerja instansi dan hak akses dinamis dimana pimpinan memiliki akses untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data, selain itu juga ada fitur analisis laporan AI.
"Saya selaku sekretaris daerah bisa mengkases semua OPD untuk melihat capaian realisasi dan kelengkapan dokumen masing-masing. Dan untuk pertama kalinya aplikasi e-AKIP Sinjai memasukkan pemanfaatan AI dalam analisis laporan, dimana melalui teknologi ini memberikan ramalan strategis berbasis data yang mampu membantu merancang langkah-langkah lebih tepat dan menjadi pertimbangan dasar dalam pengambilan keputusan baik dalam pengambilan evaluasi kinerja pemerintah daerah maupun evaluasi perangkat daerah," jelas sekda Andi Jefrianto.
Selain fitur-fitur yang telah diperbarui tersebut, kedepannya juga direncanakan pengembangan aplikasi dimana akan ada fitur notifikasi seluler untuk mengingatkan tenggak waktu pelaporan atau pembaharuan data, SIPD integrasi yang akan memungkinkan penyelarasan data kinerja dalam sistem nasional dan akan ada kolaborasi dengan BKN dimana kolaborasi ini dapat mempercepat proses digital kinerja ASN sehingga mendukung efisiensi birokrasi pada tahun 2026.
Pertemuan ini turut dihadiri oleh para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Sinjai, Direktur RSUD Sinjai, tim evaluasi SAKIP Inspektorat Daerah Kab. Sinjai, tim kerja peningkatan kualitas layanan aplikasi e-AKIP serta para kasubbag program perangkat daerah.