Dukung Program MBG, A. Irwansyahrani Hadiri Monev Pembangunan SPPG di Makassar

0

MAKASSAR,- Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf mewakili Sekretaris Daerah menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembangunan Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) di daerah. 

Kegiatan yang digelar di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan pada Selasa (19/8/2025) ini, merupakan bagian dari Program Prioritas Presiden Makan Bergizi Gratis (MBG).

Program MBG yang dicanangkan pemerintah pusat ini menjadi strategi nasional dalam meningkatkan kualitas gizi masyarakat, terutama anak sekolah, balita, ibu hamil, serta kelompok rentan lainnya. 

Dalam forum Monev, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengajukan tiga bidang tanah untuk dijadikan lokasi pembangunan SPPG, sebagai upaya mempercepat pelaksanaan program agar segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

A. Irwansyahrani Yusuf menyampaikan, usai pertemuan di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi, Tim Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Badan Gizi Nasional akan melakukan peninjauan lapangan ke calon lokasi pembangunan SPPG, termasuk di Kabupaten Sinjai. 

“Kita harus menyiapkan lahan sesuai kriteria umum dan khusus agar pembangunan dapat berjalan optimal,” ujarnya.

Pembangunan SPPG ini difokuskan pada penyediaan layanan gizi terpadu yang mencakup sarana prasarana, penguatan kapasitas sumber daya manusia, serta integrasi lintas sektor.

Selain kesiapan lahan, forum juga membahas efektivitas intervensi gizi spesifik dan sensitif, ketersediaan sumber daya, serta dukungan kebijakan lintas sektor.

Melalui pelaksanaan Monev ini diharapkan lahir rekomendasi strategis yang dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota dalam memperkuat layanan gizi masyarakat di Sulawesi Selatan, sejalan dengan visi nasional mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Gizi Nasional, seluruh Sekda Kabupaten/Kota se-Sulsel, serta kepala dinas terkait dari bidang pekerjaan umum, pendidikan, dan kesehatan.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)